Senin, 16 April 2012

Sambutan Konferensi Daerah PII Kab. Bangkep


Sambutan
Ketua Umum Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PII)
Provinsi Sulawesi Tengah Periode 2011-2013
Di Sampaikan pada acara pembukaan Konferensi Daerah (Konda)Pelajar Islam Indonesia (PII) Kab. Banggai Kepulauan
Monsongan, Banggai Kepulauan, 8 s/d 9 Oktober 2011

Assalamualaikum. Warahmatullahi Wabarakatu.
Puji Syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan Rahmat, karunia dan Hidayah-Nya kepada kita sekalian, sehingga pada kesempatan yang berbahagia ini, kita dapat berkumpul ditempat ini dalam rangka acara pembukaan Konferensi Daerah (KONDA) Pelajar Islam Indonesia (PII) Kab. Banggai Kepulauan.  Selanjutnya dengan penuh cinta terbalut rindu yang mendalam, marilah senantiasa kita kirimkan kepada baginda Nabi besar Muhammad SAW, para sahabat, sanak family dan para pengikutnya yang tetap istiqomah menjalankan segala ajaran-ajarannya.
Yang Kami Hormati, Pemerintah Daerah Kab. Banggai Kepulauan,
Yang Kami Hormati, Pengurus Wilayah PII Provinsi Sulawesi Tengah, dalam hal ini Departemen Pembinaan dan Pengembangan Daerah
Yang Kami Hormati, Ketua-Ketua Ormas/OKP,Pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Perempuan se-Kab. Banggai Kepulauan
Yang Kami Ketua Umum Pengurus Daerah PII Kab. Banggai Kepulauan beserta jajarannya
Yang Kami Hormati Pengurus Komisariat PII se-Kab. Banggai Kepulauan dan yang kami cintai dan banggakan, para Kader PII se-Kab. Banggai Kepulauan.

Pertama-tama, saya menyampaikan salam hangat penuh perjuangan dari rekan-rekan Pengurus Wilayah PII Sulawesi Tengah periode 2011-2013, kepada saudara-saudara Kerabat juang Kader PII se-Kab. Banggai Kepulauan, selanjutnya kami sampaikan permohonan maaf dari Kanda Ketua Umum PW PII, Moh. Iqra. Karena beliau tidak bisa hadir pada acara Konferensi Daerah PII Kab. Banggai Kepulauan, dikarenakan beliau saat ini, sedang mengikuti Musyawarah Nasional (MUNAS) Perhimpunan Keluarga Besar (PKB) Pelajar Islam Indonesia (PII) di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang berlansung pada tanggal 7-10 oktober 2011.
Hadirin yang berbahagia
Pelajar Islam Indonesia, merupakan suatu entitas sosial yang sejak kebangkitannya pada 4 mei 1947 di kota Pendidikan Jogyakarta, telah meneguhkan ekisistensinya sebagai sebuah organisasi yang concren terhadap dunia Pendidikan dan Kebudayaan yang sesuai dengan ajaran-ajaran Islam di negeri ini. Dengan menjadikan Islam sebagai landasan organisasi, maka PII memiliki kewajiban dan tanggungjawab yang besar terhadap etika dan moralitas anak-anak  bangsa dinegeri ini, dengan maksud menciptakan generasi masa depan yang cendikia, muslim dan pemimpin.
Saudara-Saudara, Hadirin yang muliakan oleh Allah SWT.
Pengurus Wilayah PII Sulawesi Tengah, periode ini, mencanangkan visi Sinergitas Gerakan menuju PII, dinamis dan Mandiri. Visi ini berangkat dari proses eksplorasi masalah, pengkajian dan analisa yang mendalam atas segala problematika PII secara internal maupun  problematika sosial ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat, yang di bahas pada forum Konferensi Wilayah ke-20 PII Sulawesi Tengah  di Kota Salakan Kab. Banggai Kepulauan pada  1-4 mei 2011. Visi ini menekankan pada tiga asfek, yaitu Kaderisasi yang intens, terpola dan berkesinambungan, Penguatan kelembangaan Inpra maupun Supra struktur Organisasi secara mandiri dan tersistem, dan pematangan jaringan dan kajian isu strategis yang matang.
Hadirin yang berbahagia
Forum Konferensi Daerah merupakan pengambilan keputusan tertinggi di Institusi Pengurus Daerah, sekaligus merupakan forum untuk mengevaluasi kinerja organisasi selama satu periode penuh dan memilih serta menentukan tambuk Kepemimpinan untuk periode selanjutnya. Oleh karena itu, forum ini merupakan momentum yang tepat untuk  mengevaluasi kinerja dan memantapkan gerak dan strategi organisasi kedepan.

Saudara-Saudara hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT,
Pengurus Daerah PII Kab. Banggai Kepulauan merupakan salah satu bagian yang tak bisa dipisah-pisahkan dalam perjalanan, perjuangan dan pembangunan umat Islam di provinsi Sulawesi Tengah, sejak awal hadirnya PII di Bumi Mutiara, Banggai Kepulauan pada tahun 2004 yang silam, PII telah mengalami pasang surut dalam perjalanannya, berbagai persoalan telah mendera, dari masalah lemahnya pemahaman kader terhadap konstitusi, ghirah juang yang lemah, semangat ber-Islam yang belum terintegrasi secara kaffah dalam jiwa kader, hingga lemahnya manajemen pengelolaan organisasi yang kesemuanya ini telah berimplikasi terhadap eksistensi organisasi, yang kemudian berakibat pada minimnya kontribusi  PII terhadap umat dan bangsa ini.

Hadirin yang berbahagia.
Oleh karena itu, melalui forum konferensi Daerah kali ini, kami berharap kiranya, bisa melakukan refleksi dan evaluasi atas segala persoalan yang ada,  sehingga peran dan eksistensi PII ditengah-tengah masyarakat khususnya di Kab. Banggai Kepulauan benar-benar riil dan mampu memberikan kontribusi yang nyata. Dan kedepannya Pengurus Daerah PII Banggai Kepulauan, lebih meningkatkan aktivitas-aktivasnya, seperti training, ta’lim kursus-kursus ke-PII-an, dan kegiatan-kegiatan sosial serta PII bisa bersama-sama dengan pemerintah daerah dan seluruh element masyarakat untuk membangun daerah ini sebagaimana Motto Pemerintah Daerah Banggai Kepulauan, Bangkep cerah masa depan. Bisa tercapai
Hadirin yang berbahagia
Demikianlah sambutan in kami sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan dan akhirnya kami ucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Konferensi Daerah Pelajar Islam Indonesia Kab. Banggai Kepulauan, semoga menghasilkan putusan-putusan yang bermamfaat bagi umat dan bangsa. Terus dan teruslah berkarya wahai kader PII, masa depan umat dan bangsa ada ditangan kalian.
Wabillahi Taufik walhidayah,
Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Palu,   Dzulqaidah 1432 H
Oktober       2011 M

PENGURUS WILAYAH
PELAJAR ISLAM INDONESIA
SULAWESI TENGAH
Periode 2011-2013

Ttd

MOH. IQRA
Ketua Umum


0 komentar:

Posting Komentar