Rabu, 25 April 2012

Profil Singkat Desa Abason.

Cacatan: Moh. Iqra (Palu.25.4.2012)



Desa Abason, merupakan sebuah desa yang terletak di bagian timur pulau peling, tepatnya dikecamatan totikum Kabupaten Banggai Kepulauan, jaraknya sekitar 60 KM dari meter dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Banggai Kepulauan, Kota Salakan.

Desa yang huni sekitar 600 KK ini, berhadapan langsung dengan Laut Maluku, laut yang menjadi perbatasan antara Provinsi Sulteng dengan Provinsi Maluku Utara, sebagian besar masyarakat didesa ini bermata percaharian sebagai Petani.

Desa ini terbilang cukup makmur, fasilitas desa, seperti Fasilitas Olahraga, pendidikan, Jalan, Telekomunikasi (jaringan XL), listrik walaupun baru beroperasi 6 jam, kemudian air bersih, dsb, cukup memadai dan cukup membantu Aktivitas Masyarakat Desa, di desa ini terdapat  1 buah PAUD (TK), 2 Sekolah Dasar, 1 Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTs), dan 1 Madrasah Aliyah.


sekitar 95% Penduduk desa ini beragama Islam, 5 % beragama Kristen Katolik. tepat ditengah-tengah desa, berdiri dengan kokoh, sebuah mesjid yang menjadi lambang persatuan masyarakat desa.

didesa ini juga terdapat sebuah tempat pariwisata, bentangan Pasir Putih Indah, jaraknya hanya sekitar 2 KM dari desa Abason, dan dapat dilalui semua jenis kendaraan.

telah banyak prestasi yg dicapai desa ini, pada tahun 2007 dan 2010 desa abason mewakili Provinsi Sulteng, pada lomba desa tingkat Nasional. sebuah prestasi yg luar biasa yang menunjukan bahwa masyarakat didesa ini memiliki kepedulian yang luar besar terhadap pembangunan bangsa.

akan banyak hal-hal baru yang di jumapi didesa ini, jika anda ingin mengunjungi desa ini, hanya membutuhkan waktu 1 jam dari Ibukota Kab, Banggai Kepulauan, dan dapat di tempuh dengan kendaraan roda dua, empat ataupun kendaraan Umum.

1 komentar: